2 Korintus 3 : 1-18

Perjanjian baru adalah zaman dimana kita tidak lagi hidup di bawah hukum taurat tetapi dari Roh, sebab hukum yang tertulis itu mematikan tetapi Roh menghidupkan.

2 Korintus 3:6 "Ialah membuat kami juga sanggup menjadi pelayan-pelayan dari suatu perjanjian baru, yang tidak terdiri dari hukum yang tertulis, tetapi dari Roh, sebab hukum yang tertulis mematikan, tetapi Roh menghidupkan."

Yesus telah menjadi penebus dosa kita dan memerdekakan kita dari segala tuntutan hukum taurat sehingga kita menjadi hidup oleh Dia yang adalah Roh.
Kita adalah pelayan-pelayan Tuhan di perjanjian baru ini, dan di zaman baru ini hal yang harus kita sebarkan bukanlah sekedar peraturan-peraturan yang tertulis di dalam alkitab yang hanya akan membuat kita terjebak dalam roh agamawi, tetapi yang lebih penting dari itu adalah kita berbalik dan berfokus akan Roh yaitu pribadi Yesus sendiri yang harus dikenal oleh semua orang. Karena ketika orang-orang berbalik pada Yesus maka selubung yang menutupi kemuliaan Tuhan akan diambil dan mereka akan mengerti hati Tuhan lebih dalam sehingga hidup merekapun akan berubah karena langsung diajar oleh Roh.


2 Korintus 3:16 "Tetapi apabila hati seorang berbalik kepada Tuhan, maka selubung itu diambil dari padanya. "


Hari-hari ini banyak orang bertobat bukan karena mendengar isi dari alkitab tapi karena mereka ditemui oleh Tuhan secara pribadi, dan mereka mengalami Roh Tuhan itu secara langsung. Itulah cara kerja Tuhan yang luarbiasa di zaman kasih karunia ini.

Sebagai pelayan-pelayan dalam perjanjian baru, kesanggupan kita untuk melayani Tuhan bukanlah berasal dari usaha kita sendiri, tetapi itu semua adalah hasil kerja Tuhan dalam hidup kita.

2 Korintus 3:5 " Dengan diri kami sendiri kami tidak sanggup untuk memperhitungkan sesuatu seolah-olah pekerjaan kami sendiri; tidak, kesanggupan kami adalah pekerjaan Allah."

Jadi intinya, dalam perjanjian baru ini bawalah setiap orang untuk mengalami Yesus yang adalah Roh supaya perubahan hidup yang mereka alami bukan hanya sekedar perubahan karena peraturan tapi perubahan yang sungguh-sungguh dari roh yang berasal dari Yesus sendiri dan tidak hanya berhenti di situ tetapi mereka akan terlepas dari selubungnya dan akan memancarkan kemuliaan Tuhan yang semakin besar dan besar untuk komunitas mereka.

2 Korintus 3:18 "Dan kita semua mencerminkan kemuliaan Tuhan dengan muka yang tidak berselubung. Dan karena kemuliaan itu datangnya dari Tuhan yang adalah Roh, maka kita diubah menjadi serupa dengan gambar-Nya, dalam kemuliaan yang semakin besar."

Gbu :D





Leave a Reply